pamflet-blog

Sungguh tiap kata yang dituliskan dapat mengubah jiwa manusia dan sejarah dunia

Hitamnya tinta peradaban

Ternyata sejarah besar seluruh peradaban dibangun dari tradisi keilmuan, disusun dari batu bata tradisi menulis. Begitu juga dengan sejarah besar peradaban islam yang terbentuk dari warna merah dan hitam. Merahnya darah dan hitamnya tinta. Jelas sekali tradisi menulis adalah tradisi para pengusung peradaban. Dan yang menakjubkan sebagian besar peran itu dimainkan oleh generasi muda.

Mengikat ilmu

Ikatlah ilmu itu dengan menuliskannya, semakin sering menulis semakin banyak hikmah yang terikat dalam sel-sel kelabu kita. Maka akan sering kita temukan orang-orang gemar menulis mereka memilki wawasan yang lebih luas atau memori ingatan yang lebih kuat. Karena ketika seseorang hendak menulis sebenarnya ia dipaksa lebih dulu untuk membaca, dan dari sinilah dimulai proses untuk mengikat ilmu itu.

Tradisi yang mulai hilang

Mahasiswa sepertinya mulai jauh dari medan menulis, kritikan dan saran terhadap pemerintah lebih sering disalurkan lewat demonstrasi. Bukannya menolak demonstrasi, tapi jangan jadikan ini satu-satunya jalan untuk membentuk opini public. Menulislah, tuliskan seluruh kritikan dan masukan buat pemerintah itu di media massa atau dimana saja. Karena terkadang para “penguasa” negeri ini punya cukup waktu juga untuk membaca daripada untuk melihat demonstrasi kita.

Menulislah, jangan menjadi generasi yang sudah lumpuh menulis.

Creative Writing Training menjadi salah satu program pembinaan soft skill Asrama untuk membangkitkan lagi semangat menulis di kalangan mahasiswa. Gelombang pertama dari training ini di laksanakan tanggal 14 februari kemaren untuk Fakultas MIPA, Farmasi dan Teknik. Dalam training itu terdapat dua sesi, Pertama membahas tentang bagaimana menulis di media seperti opini, cerpen, artikel dan kedua membahas tentang penulisan karya ilmiah.

Gelombang kedua untuk Fakultas Pertanian, Teknologi Pertanian dan Sastra, tanggal 21 Februari. Gelombang ketiga untuk mahasiswa Fakultas Peternakan, Ekonomi dan FISIP, tanggal 28 Februari. Gelombang keempat untuk mahasiswa Fakultas Hukum dan Politeknik tanggal 7 maret.

Iklan